Welcome, Guest
Username: Password: Remember me

TOPIC: Pesan Berantai Hacker BlackBerry Hanya Hoax?

Pesan Berantai Hacker BlackBerry Hanya Hoax? 4 years 9 months ago #26

  • admin
  • admin's Avatar
  • OFFLINE
  • Administrator
  • Posts: 66
  • Thank you received: 4
  • Karma: 3
Ini yang saya baca pagi ini dari detikinet.com

Bandung - Munculnya isu BlackBerry bisa dibobol membuat khawatir sebagian besar pengguna BlackBerry. Namun kekhawatiran tersebut dinilai tidak cukup beralasan karena teknologi keamanan BlackBerry masih bisa bertahan sampai 20 tahun lagi.

Hal itu diungkapkan oleh Budi Sulistyo, pakar security internet dan kriptografi dari IT Telkom, saat berbincang dengan detikINET, Selasa (12/1/2010). Menurutnya BlackBerry telah menggunakan algoritma yang lebih aman jika dibandingkan dengan GSM.

"Bicara keamanan, kita harus melihat dua faktor yakni algoritma kriptografi dan protokol kriptografi. BlackBerry telah menggunakan algoritma kriptografi yang baru. Jauh lebih aman ketimbang GSM," paparnya.

Lebih lanjut Budi menjelaskan bahwa dalam sistem keamanan ada dua faktor utama yakni algoritma kriptografi dan protokol kriptografi. Kriptografi merupakan ilmu teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan, integritas data, authentication dan keaslian data.

"Algoritma kriptografi merupakan blok penting yang digunakan untuk memberikan keamanan pada jaringan komunikasi umum, seperti internet. Sedangkan protokol kriptografi adalah mekanisme cara kita menggunakan algoritma," terang pria yang baru saja menjadi menyelesaikan studi S3 dengan kajian kriptografi ini.

Tetap Bisa Dibobol

Meski demikian, Budi mengaku kemungkinan jaringan BlackBerry dibobol masih ada. Walaupun dari sisi algoritma kriptografi sangat susah dibobol, namun dari sisi protokol kriptografi hal tersebut memungkinkan.

"Walaupun sudah menggunakan algoritma kriptografi yang aman, cuma dari protokolnya belum tentu. Serangan dari sisi algoritma biasanya dari sisi matematika. Tidak mudah dari sini. Tapi kalau protokol bisa," ungkapnya.

Bisanya BlackBerry dibobol dari sisi protokol kriptografi karena secara mekanisme, serangan melalui protokol biasanya coba-coba. Bukan berdasarkan analisa yang sangat rumit seperti menyerang dari sisi algoritma kriptografi. "Sisi algoritma kriptografi, masih aman 10-20 tahun ke depan," pungkasnya.
( afz / wsh )
Jakarta - Pesan berantai soal adanya hacker yang mampu membobol BlackBerry Messenger dan menghapus seluruh kontak yang ada di BlackBerry tersebut mulai diragukan kebenarannya.

Hal itu setelah beredar pula 'pesan tandingan' yang mengatasnamakan Research in Motion (RIM) -- produsen BlackBerry -- dan berisi keterangan bahwa kabar hacker pembobol BBM itu adalah hoax alias berita bohong.

"NEWS: Security is one of the cornerstones of the BlackBerry Solution. The protective measures built into BlackBerry products ensure customers can securely access sensitive information on their BlackBerry Devices," tulis pesan yang diterima detikINET.

"Please be assured its not possible for any BlackBerry device to be HACKED via ADDING SOMEONE to BBIM (BlackBerry Instant Messenger). So please play your part in stopping the panicking chain messages about hackers....," tegasnya.

Inti pesan tersebut adalah, RIM diklaim menjamin keamanan dari solusi BlackBerry yang mereka tawarkan. Dan dianggap tidak mungkin mengenai adanya seseorang yang bisa membobol BlackBerry user lain setelah di-add lewat BBM.

Pengguna BlackBerry pun diimbau untuk tidak percaya dengan kabar tersebut dan diminta untuk menghentikan penyebaran pesan yang hanya akan membuat khawatir pengguna BlackBerry lainnya tersebut.

Pun demikian, keabsahan dari pesan klarifikasi tersebut belum pula bisa dipastikan memang benar dari RIM. Sebab, pesan ini juga diedarkan secara berantai.

DetikINET sendiri telah meminta klarifikasi dari perusahaan asal Kanada itu, dan hingga berita ini diturunkan, Senin (11/1/2010), masih menunggu jawaban mereka.
Haris

Forum Admin
Last Edit: 4 years 9 months ago by admin.
The administrator has disabled public write access.

Re:Pesan Berantai Hacker BlackBerry Hanya Hoax? 4 years 9 months ago #49

  • admin
  • admin's Avatar
  • OFFLINE
  • Administrator
  • Posts: 66
  • Thank you received: 4
  • Karma: 3
Jakarta - Research in Motion (RIM), vendor BlackBerry asal Kanada, akhirnya menanggapi isu hacker pada BlackBerry Messenger. RIM yakin ponselnya masih aman dari serangan para peretas.

"Kami punya arsitektur jaringan yang andal," klaim Gregory Wade, Regional Vice President RIM Asia Pacific kepada detikINET lewat sambungan telepon internasional, Selasa (12/1/2010).

Greg, demikian ia biasa dipanggil, juga membantah saluran komunikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) bisa ditembus oleh hacker, sebagaimana isu yang tengah beredar belakangan ini.

"Isu itu telah kami cek dan konfirmasi. Tidak benar BBM pengguna bisa di-hacked untuk kemudian dihapus data beserta nomor kontaknya," jelas dia.

"Bisa kami pastikan bahwa isu itu hanya spam (pesan sampah)," pungkas Greg yang saat menelepon tengah bersiap menuju ke kantor pusat RIM di Kanada.

sumber: detikinet.com
Haris

Forum Admin
The administrator has disabled public write access.
Moderators: index, Arief_Bro
Time to create page: 3.305 seconds